Jumat, 10 Juli 2015

Pertumbuhan dan Pekembangan Janin Di Usia Kehamilan 6 Bulan

usia kehamilan 6 bulan

Usia kehamilan 6 bulan atau pertengahan trimester kedua merupakan suatu periode dimana si ibu hamil sudah merasa sangat nyaman dan menikmati masa kehamilannya tersebut. Adapun yang membuatnya menjadi merasa nyaman adalah karena sudah terlewatinya trimester pertama. Memang trimester pertama ini, banyak membuat para wanita menjadi kerepotan sendiri sebab morning sickness, rasa capek yang teramat sangat, dan ngidam yang ia rasakan, dimana pada akhirnya hal tersebut dapat mengganggu aktivitas mereka.

Selain itu, pada usia kehamilan ini pertumbuhan dan perkembangan janin juga sudah mulai sangat pesat. Janin sudah bisa mendengarkan suara-suara dari luar serta mampu merasakan apa yang dirasakan oleh ibunya. Jadi, jika si ibu merasa stres, sedih, bahagia, menangis maka janin pun juga akan merasakan hal yang sama. Ini disebabkan karena hormon adrenalin si ibu mampu memasuki ke dalam plasenta, sehingga dapat mempengaruhi kondisi emosi si janin.

Perkembangan Janin Di Usia Kehamilan 6 Bulan

Pasti sangat penasaran bukan, setelah mendengar bahwa pada usia kehamilan 6 bulan ini, si janin bisa merasakan apa yang anda rasakan. Untuk lebih jelasnya lagi, berikut tumbuh kembang janin di usia kehamilan 21 minggu sampai 24 minggu.

•    Minggu Ke – 21

Sistem organ tubuh sudah mulai matang, dan janin juga sudah banyak melakukan pergerakan di dalam perut. Jadi, anda harus sangat berhati-hati apabila ingin melakukan olahraga pada usia kehamilan 21 minggu ini. Dan pilihlah olahraga yang benar-benar safety, karena perut anda yang semakin lama semakin besar.

•    Minggu Ke – 22

Janin mampu untuk cepat tanggap dan menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitar rahim, serta sensitif terhadap rangsangan suara dan sentuhan dari perut bundanya. Sel darah putih sudah mulai terbentuk pada minggu ini juga, dimana berfungsi untuk melawan infeksi dari luar. Selain itu, kelopak mata janin bisa membuka dan menutup dengan sendirinya.

•    Minggu Ke – 23

Denyut jantung janin dapat terdengar keras meskipun hanya menggunakan stetoskop. Ukuran kepala sudah sesuai dengan postur tubuhnya juga.

•    Minggu Ke – 24

Kemampuan pendengaran janin sudah mulai sempurna dan peka terhadap rangsangan suara dari luar yang membuatnya merespon suara itu dengan melakukan pergerakan seperti menendang-nendang perut bundanya.

Demikian diatas tadi merupakan perkembangan janin di usia kehamilan 6 bulan. Sangat lucu kan bunda? Jadi, pemberian stimulus suara memang sangat tepat untuk diaplikasikan ketika usia kehamilan tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar